Bus Bali Labuan Bajo, Alternatif Akomodasi untuk Temani Perjalanan Anda ke Surganya Flores

Bus Bali Labuan Bajo menjadi salah satu akomodasi perjalanan darat yang bisa diandalkan jika Anda ingin pergi ke daerah yang indah di Floress. Kota tepi pantai kecil ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan, pendidikan, dan ekonomi pulau. Selain itu, Labuan Bajo juga merupakan pusat pariwisata. Banyak pasangan yang baru menikah telah memilih kota ini sebagai tujuan mereka untuk perjalanan bulan madu.

Tentu saja, surga di bumi ini tidak hanya ada bagi mereka yang ingin menemukan romansa. Semua orang dapat menemukan ketenangan dan keindahan di sini. Bahkan, Labuan Bajo bisa dibilang sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia. Bagi Anda yang mungkin datang dari arah Bali dan ingin ke Labuan Bajo namun menggunakan sarana transportasi bus, ada beberapa rute yang bisa digunakan, apa saja?

Cara Menuju ke Labuan Bajo Dari Bali

Ada berbagai cara untuk mencapai Labuan Bajo dari Bali, yakni dengan menggunakan penerbangan, tur kapal, feri+bus. Nah, mana yang harus dipilih tergantung pada waktu dan anggaran Anda. Perlu diketahui bahwa jika Anda bepergian di musim ramai (Juni hingga Agustus), maka Anda harus memesan penerbangan terlebih dahulu.

Pilihan termurah namun memakan waktu yang terbilang lama hingga 2 hari sekali jalan adalah feri dan bus. Bagi yang hendak menggunakan akomodasi feri dan bus Bali Labuan Bajo berikut panduannya :

  • Naik Feri Dengan Rute Bali (Padangbai) – Lombok (Mataram)

Pertama, Anda bisa naik kapal feri umum dari Padangbai (Bali) ke Lembar (Lombok) yang berangkat setiap hari, setiap jam atau lebih, 24 jam. Dibutuhkan sekitar 4-5 jam perjalanan dan tarifnya adalah  Rp 46.000 per orang.

  • Naik Minibus ke Terminal Bus Mandalika

Setelah Anda tiba di pelabuhan Lembar, maka naiklah minibus dengan tarif Rp 20.000 ke Mataram dengan tujuan terminal bus Mandalika.

  • Naik Bus Damri ke Flores

Selanjutnya, Anda bisa naik layanan bus Damri untuk berangkat ke Flores. Bis damri hanya berangkat setiap hari pukul 3 sore. Jika Anda naik feri awal dari Padangbai mis. pada jam 7 pagi Anda memiliki peluang bagus untuk naik bus damri di hari yang sama untuk berangkat ke Flores.

  • Naik Bus Tujuan Lombok (Mataram) ke Flores (Labuan Bajo)

Ada beberapa pilihan bus dan feri yang mengantarkan Anda ke Mataram menuju Labuan Bajo, yakni :

  1. Bus Mataram – Bima, termasuk feri 1 jam (Lombok-Sumbawa), berangkat setiap hari jam 3 sore, memakan waktu 12-13 jam, Rp 225.000.
  2. Bus Bima – Sape (beralih ke bus lokal), berangkat setelah semua penumpang naik, memakan waktu 1 jam 30 menit, Rp 30.000
  3. Ferry Sape – Labuan Bajo, berangkat antara jam 8-9 pagi, memakan waktu 6-7 jam. Total, semua jalan termasuk waktu tunggu sekitar 24 jam, Rp 60.000.

Bus Bali Labuan Bajo bisa menjadi alternatif untuk ke Flores. Demikian pula dengan perjalanan Labuan Bajo Bali, pilihan akomodasinya pun sama. Naik feri dan bus cukup mudah, tidak ada pemesanan atau pengaturan sebelumnya meskipun Anda mungkin sedang wisata di musim liburan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.