ciri asam urat tinggi

Waspada! Inilah 4 Ciri-Ciri Asam Urat Tinggi yang Patut Anda Ketahui

Salah satu hal yang mengganggu kesehatan seseorang adalah asam urat. Asam urat itu sendiri merupakan radang sendi yang menyakitkan, yang mana kondisi seperti ini terjadi karena disebabkan oleh terbentuknya kristal asam urat di dalam sendi dan sekitar persendian.

Penyebab terjadinya asam urat ini dapa terjadi karena adanya kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Sehingga bagi mereka penderita asam urat tentu mengalami tanda atau gejala yang menimpa tubuhnya.

Hal yang tak kalah pentingnya anda harus mengetahui ciri-ciri asam urat, dimana ketika anda mengalami ciri-ciri tersebut bisa diatasi segera. Berikut ini adalah 4 ciri asam urat tinggi yang perlu anda ketahui antara lain yakni :

Bagaimana Ciri-Ciri Asam Urat Tinggi yang Patut Anda Ketahui?

 

  1. Kulit terkelupas

Ciri-ciri yang pertama yaitu salah satunya memiliki efek samping pembengkakan akibat asam urat kulit menjadi terkelupas. Hal ini terjadi karena kerusakan terjadi pada jaringan kulit serta di sekitar area yang sakit. Bukan hanya itu saja, akumulasi asam urat ini juga mengakibatkan timbulnya kulit kering, gatal hingga iritasi.

Pada umumnya, beberapa kasus ekstrem terjadi akibat pembengkakan asam urat yang dapat menyebabkan pendarahan apabila tidak segera ditangani. Langkah pertama yang bisa anda lakukan yaitu membersihkan area yang terluka dengan obat antiseptik serta membalutnya dengan perbal yang steril.

 

 

  1. Jempol Kaki Terasa Nyeri

Ciri-ciri selanjutnya jempol kaki terasa nyeri. Hal ini harus diperhatikan, karena ketika asam urat tinggi kambuh tentu akan mengakibatkan rasa nyeri pada jempol kaki. Ketika tubuh anda sudah tidak bisa lagi memecahkan asam urat, itu akan menumpuk dan akan menjadi kristal.

Kristal tersebut bisa berpindah ke jempol kaki sebab mereka diserang oleh tubuh sebagai penyerbu asing. Ini merupaka ciri klasik serangan asam urat dan di anggap sebagai gejala yang paling jelas.

Selain itu, penyebab asam urat juga bisa berasal dari makanan, akan tetapi sebagian besar adalah produk sampingan dari metabolisme yang normal. Hal ini harus anda perhatikan agar tidak menimbulkan efek samping yang besar.

  1. Merasakan Deman yang Tak Terbiasa

Terjadinya asam urat mungkin hanya mempengaruhi salah satu sendi saja. Namun perlu anda perhatkan juga, ternyata asam urat bisa menyebar ke sejumlah area pada tubuh anda. Penyebaran ini biasa disebut dengan polyarticular gout.

Sifat inflamasi dari kondisi tersebut bisa mengakibatkan hal itu terjadi. Hal ini biasanya akan timbul gejala seperti kelelahan, demam, mual hingga menyebabkan flu biasa.

  1. Bagian Kaki pada Lutut Siku Terasa Nyeri

Ciri-ciri asam urat tinggi yang terakhir adalah merasakan sakit atau nyeri pada bagian kaki, lutut dan siku. Mungkin kebanyakan orang menganggap ini sebagai hal yang biasaa terjadi karena kelelahan.

Padahal ini bisa terjadi disebabkan oleh karena asam urat yang menumpuk di setiap sendi pada bagian manapun yang mengakibat rasa nyeri di setiap sendi salah satunya di siku lutut.

Pada umumnya mungkin semua orang hanya merasakan nyeri di satu sendi saja. Namun ada penderita asam urat yang bisa merasakan nyeri lebih dari satu sendi, sebab meraka mengalami gejala ( poliartikular ).

Saat mereka merasakan rasa nyeri lebih dari satu sendi, akan sangat sulit untuk mengetahui apa penyebabnya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui ciri-ciri asam urat tersebut.

Demikian lah pembahasan artikel tentang cara mewaspadai dan 4 ciri-ciri asam urat tinggi yang patut diketahui bagi para pembaca, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat mewaspadai diri para pembaca ketika mengalami hal-hal seperti yang sudah dijelaskan di dalam artikel ini, terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.