IPSM Kecamatan Bojonggede di Hari Jadinya yang Ke-3

Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor belum lama ini memoeringati hari jadinya ke 3. Masih dalam rangkaian kegiatan hari jadi ke 3 tersebut, IPSM Kecamatan Bojonggede, Jumat (12/3/2021) mengunjungi warga yang sempat menjadi pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) lalu kemudian dinyatakan sembuh setelah mendapat pendampingan. Ketua IPSM Kecamatan Bojonggede, Jayadi mengatakan bahwa salah satu keberhasilan IPSM Kecamatan Bojonggede di hari jadi yang ke 3 adalah mendampingi masyarakat yang memang harus mendapatkan perhatian.

Lebih lanjut, Jayadi menegaskan bahwa pendampingan dan penanganan ODGJ yang dilakukan IPSM Kecamatan Bojonggede merupakan salah satu tugas di antara tugas sosial lainnya. Jayadi pun bersyukur atas kesembuhan salah satu ODGJ yang tinggal di RT 05/ 01 Kampung Pulo, Kedung Waringin, Bojonggede, Kabupaten Bogor. "Alhamdulillah semua berkat teman teman IPSM Kecamatan Bojonggede, di ulang tahun ke 3 IPSM Kecamatan Bojonggede keberhasilannya adalah menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Pendamping ODGJ, pak Hariyanto. Di mana permasalahan sosial atau PMKS terkait dengan kejiwaan," ujarnya.

Lebih lanjut, Jayadi memaparkan bahwa IPSM Kecamatan Bojonggede berkomitmen untuk hadir dalam misi kemanusian yang berkaitan dengan aksi sosial. "Kita bekerja sosial untuk masyarakat. Kita harus menanamkan nilai nilai kebersamaan ini, kepedulian antar sesama. Dengan demikian kita tetap hidup secara berdampingan dengan aman, nyaman, tenteram," ungkapnya. "Saya berharap di ulang tahun ke 3 IPSM Kecamatan Bojonggede ini, kami semakin solid dan terus membantu sesama dalam kegiatan sosial. Pendampingan ODGJ ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan IPSM. Tentu kami akan berusaha hadir untuk masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, pendamping ODGJ Kecamatan Bojonggede, Hariyanto bercerita terkait penanganan ODGJ yang saat ini telah sembuh dari penyakitnya. "Untuk ODGJ yang sembuh ini, kebetulan kita dampingi, namanya Supardiansyah di Kampung Pulo, Desa Kedung Waringin, Bojonggede, Kabupaten Bogor. Itu kita dampingin dan bawa ke Rumah Sakit Marzuki Mahdi sekitar Mei 2020 tahun lalu," tegasnya. Tak hanya itu, Hariyanto mengatakan bahwa warga yang dulunya ODGJ itu saat ini telah memiliki kegiatan yakni mengumpulkan barang bekas hingga ternak ikan cupang.

"Karena pascarawat dia rajin dan aktif alhamdulillah saat ini dia sudah mendekati bermandiri. Dia bisa mandiri. Walaupun saat ini dia masih mencari barang rongsokan atau jadi pemulung serta dia ada kegiatan ternak ikan cupang," paparnya. "Alhamdulillah dia saat ini ada kegiatan, dan dari sanalah kejiwaannya mulai sembuh. Karena sakit jiwa itu tidak sepenuhnya dari rumah sakit, harus ada pendukung dan kita sebagai pendamping harus mendukung juga," tambahnya. Selain itu, pasien ODGJ yang telah sembuh, Supardiansyah mengucapkan rasa terima kasihnya lantaran IPSM Kecamatan Bojonggede telah mendampingi dirinya selama ini.

"Saya mengucapkan terima kasih untuk IPSM Kecamatan Bojonggede yang telah membantu saya. Saat ini kegiatan saya adalah mengumpulkan barang bekas dan ternak ikan cupang. Selamat ulang tahun IPSM Kecamatan Bojonggede semoga semakin bermanfaat bagi orang banyak," tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.