6 Strategi agar Gedung Sekolah Internasional Efektif untuk Berkegiatan

Desain gedung sekolah internasional sangat berpengaruh terhadap penciptaan lingkungan belajar siswa yang efektif dan fungsional. Apabila gedung sekolah dirancang dengan baik, maka bisa meningkatkan kinerja, kreativitas, dan prestasi siswa, begitupun sebaliknya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat desain gedung sekolah, mulai dari penyusunan tata letak ruang, cahaya dan ventilasi, teknologi, dan aspek keselamatan yang efisien.

6 Strategi Wujudkan Sekolah Internasional yang Efektif

Berikut beberapa strategi pembuatan gedung sekolah yang efektif dan fungsional sehingga bisa meningkatkan performa siswa dalam belajar.

●              Optimalkan Arus Lalu Lintas Lingkungan Sekolah

Pertama, Anda perlu mengoptimalkan arus lalu lintas lingkungan sekolah supaya siswa bisa ke sekolah dengan aman. Anda perlu menyiapkan desain jalan yang baik untuk siswa yang berjalan kaki maupun bersepeda untuk pergi ke sekolah.

Anda juga perlu membuat rambu-rambu lalu lintas di sekitar jalan sekolah dan larangan memarkirkan mobil di dekat pintu masuk. Hal ini penting untuk menghindari kontak antara siswa dan kendaraan.

●              Efisiensi Ruang Kelas dan Laboratorium agar Fungsional

Berikutnya, Anda perlu menyiapkan ruang kelas yang efisien. Berbeda dengan model pembelajaran dulu yang lebih berfokus pada guru, saat ini model pembelajaran lebih berfokus pada siswa sehingga banyak menggunakan beragam gaya belajar.

Adanya perubahan sistem pembelajaran maka ruang kelas perlu perlu dirancang fleksibel. Dengan begitu, lingkungan kelas mudah diatur ulang dan disesuaikan dengan metode belajar atau aktivitas pembelajaran yang sedang dilakukan, termasuk ruang laboratorium.

Misalnya, menggunakan furnitur seminimal mungkin atau furnitur yang mudah dipindahkan. Dengan begitu, guru bisa mengubah rencana pembelajaran dan melibatkan siswa dengan cara baru.

Selain itu, pembuatan ruang kelas tentunya harus disesuaikan dengan jumlah siswa. Ruang kelas yang terlalu luas akan membuat siswa sulit terhubung satu sama lain dan pengalaman belajar menjadi kurang menarik.

Lalu, jika ruang kelas terlalu kecil, maka bisa menghambat perkembangan sosial dan emosional siswa.

Sumber : https://unsplash.com/photos/brown-wooden-table-and-chairs-PDRFeeDniCk

●              Ciptakan Ruang untuk Siswa dan Guru Berkolaborasi

Selain membuat ruang kelas yang efisien, Anda juga perlu membuat ruang kelas yang dapat memberikan kesempatan kolaborasi antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru. Ruang kelas harus luas dan mendukung untuk kerja kelompok.

Ada beberapa desain ruang kelas kolaboratif yang bisa Anda pilih salah satunya yaitu konsep spaceless. Pada jenis tata letak ini, ruangan antar kelas bersifat terbuka dan tidak dibatasi dengan dinding.

Penggunaan desain ini akan memberikan ventilasi dan pencahayaan alami yang lebih banyak, dan meningkatkan interaksi antara guru dan siswa.

●              Gunakan Teknologi Memadai pada Infrastruktur

Untuk mendukung proses pembelajaran, maka diperlukan teknologi yang memadai pada infrastruktur sekolah. Teknologi akan menjadi alat yang sangat berguna dalam menyediakan akses informasi terutama pada pembelajaran berbasis inkuiri.

Oleh karena itu, sekolah harus menyediakan teknologi yang dibutuhkan siswa, seperti komputer, tablet, dan sebagainya. Ruang juga harus dialokasikan dengan berbagai infrastruktur seperti perpustakaan, laboratorium, dan termasuk kolam renang.

Keberadaan kolam renang termasuk penting untuk pelatihan dan pembelajaran. Pembuatan kolam renang tentu harus mengacu pada standar pendidikan dan menggunakan waterproofing dak beton, SikaTop®-109 Elasto.

Produk dari Sika ini menawarkan keunggulan seperti kemampuan crack bridging yang baik (sampai dengan 1 mm pada suhu +20 °C), komponen tertakar, mudah di-mixing dan diaplikasi dengan roller atau kuas, daya rekat baik pada substrat yang keras, kedap air, meningkatkan ketahanan terhadap beku dan asam, mengurangi penetrasi karbon dioksida, tidak beracun, seperti semen, fleksibel, ketahanan terhadap freezing dan thawing (-10 °C), ekonomis, dan air cure.

●              Pastikan Aksesibilitas dan Keamanan Terjamin

Tata letak bangunan sekolah perlu memiliki aksesibilitas yang baik supaya memudahkan siswa untuk bernavigasi atau bergerak leluasa tanpa adanya gangguan. Aksesibilitas ini berlaku untuk siswa secara keseluruhan termasuk siswa penyandang disabilitas.

Sekolah bisa menyediakan konsep spaceless memberikan ruang yang lapang sehingga siswa bisa bergerak dengan bebas.

Selain memiliki aksesibilitas yang baik, sekolah juga harus memiliki keamanan yang terjamin. Sekolah harus merancang bangunan dengan akses pintu keluar yang mudah ditemukan dan detektor asap untuk mencegah kebakaran.

Peralatan bermain siswa juga harus dirawat dengan baik untuk mencegah anak-anak jatuh atau terpeleset saat bermain. Sistem keamanan lain yang perlu ada yaitu kamera keamanan dan latihan tanggap darurat.

Selain itu, struktur bangunan juga perlu dirancang tahan terhadap bencana alam seperti gempa atau angin puting beliung.

●              Buat Kantin yang Variatif dan Lengkap

Kantin adalah fasilitas penting dari sekolah dan termasuk fasilitas yang wajib ada dalam setiap satuan pendidikan. Supaya anak-anak antusias di sekolah, maka Anda harus menyiapkan kantin yang memiliki menu variatif dan lengkap.

Selain variatif, sekolah juga harus memperhatikan kebersihan dan kandungan makanan yang dijual untuk menjaga kesehatan siswa. Pastikan jika makanan yang disediakan di kantin tidak mengandung bahan kimia yang bisa mengganggu kesehatan siswa.

Makanan yang disediakan harus mengandung nutrisi dan gizi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa.

Kesimpulan

Itulah beberapa strategi agar gedung sekolah internasional efektif untuk berkegiatan. Ruang kelas harus dirancang agar siswa bisa belajar dengan baik dan kolaboratif. Infrastruktur juga harus memadai dan didukung dengan teknologi.

Dalam pembuatan fasilitas kolam renang, jangan lupa untuk mengaplikasikan waterproofing Sika pada dak beton kolam supaya tidak bocor dan tahan lama. Waterproofing dak beton adalah pemberian lapisan kedap air pada dak beton untuk mencegah kebocoran.

Sika menjadi pelopor waterproofing semen pertama di Indonesia. Berpengalaman selama 113 tahun, Sika sudah menangani beragam proyek waterproofing, baik nasional maupun internasional. Salah satu proyek yang dilakukan Sika yaitu balai kampus Kokkola di Finlandia.

Anda bisa menggunakan strategi di atas untuk merancang pembuatan gedung sekolah internasional. Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Sika dengan mengakses laman di sini!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *